Staff Exchange Program

 

I. RASIONAL

  1. Latar Belakang
    Program presearch outbond mobility untuk penulisan artikel kolaboratif merupakan suatu langkah strategis untuk meningkatkan publikasi di lingkungan civitas UM. Konsep penulisan artikel kolaboratif ini dapat mempermudah untuk submit top tier journal karena didukung oleh Afiliasi perguruan tinggi luar negeri. Melalui kolaborasi nasional dan internasional, dengan merujuk komponen indikator minimal di QSWUR dapat meningkatkan salah satu bidang yang menjadi indikator WCU (World Class University) yaitu bidang paper per faculty. Progam presearch outbond mobility ini diharapkan meningkatkan kerjasama penelitian, publikasi bersama, dan juga mobilitas mahasiswa dan dosen. Bertambahnya mitra yang menjadi partner riset akan menambah penilaian perangkingan internasional.
  2. Tujuan
    1. Memperluas jaringan kerjasama riset dan staff exchange.
    2. Meningkatkan jumlah publikasi ilmiah dan sitasi ilmiah di jurnal internasional bereputasi
    3. Meningkatkan peringkat UM di QS WUR (Quacquarelli Symonds World University Ranking)

II. RANCANGAN DAN IMPLEMENTASI PROGRAM

Program presearch outbond mobility ini merupakan kolaborasi UM dengan universitas yang masuk dalam QS Top 100 dengan mitra yang memiliki reputasi sangat baik dalam hal melakukan penelitian dan publikasi. Dengan demikian dengan program Research Staff Exchange ini dapat meningkatkan publikasi di tingkat fakultas. Seluruh kegiatan dilaksanakan paling akhir bulan Juni 2024. Hingga tanggal 13 Mei 2024, dari 19 pelaksana kegiatan, sudah ada 16 peserta yang telah selesai melaksanakan kegiatan (63,16%). Data progress pelaksanaan kegiatan para pelaksana kegiatan dapat dilihat pada link https://bit.um.ac.id/ProgressRSE2024.

III. LUARAN DAN DAMPAK PROGRAM

Luaran dari Kegiatan ini adalah:

  1. Laporan kegiatan research staff exchange.
  2. Manuskrip artikel siap submit atau kegiatan paper writing dan paper editing
  3. Rencana Kerjasama kegiatan internasional, misalnya penyusunan proposal penelitian internasional, publikasi Bersama atau program research staff exchange yang lain dengan dana internasional.
  4. MOU/MOA yang dibahas bersama atau yang masih berlaku.
  5. Dampak Program dengan dilaksanakan program program Research Staff Exchange ini, maka dapat meningkatkan publikasi internasional dan dosen berkegiatan di luar kampus. Selain itu, juga dapat membuka peluang Kerjasama lain dalam kegiatan Tridharma Kegiatan Perguruan Tinggi. Dengan demikian, dapat meningkatkan pemeringkatan UM di level nasional dan internasional.

IV. JADWAL

No Kegiatan Waktu 1 2 3 4 5 6 7
1 Sosialisasi dan Pengumpulan proposal program research staff exchange di PT QS Top 100 by subjects 8 – 21 Januari 2024 X
2 Seleksi 22 – 27 Januari 2024 X
3 Pleno penentuan dan pengumuman pendanaan 28 Januari 2024 X
4 Workshop persiapan/pembekalan pelaksanaan research staff exchange di PT QS Top 100  dan tanda tangan kontrak. 29 Januari 2024 X
5 Pengurusan berkas Perjalanan Dinas Luar Negeri (PDLN) 30 Januari – 21 Februari 2024 X X
6 Pelaksanaan research staff exchange di QS Top 100 22 Februari – 23 Juni 2024 X X X X X
7 Pelaporan 24 – 30 Juni 2024 X

V. LAPORAN

Judul Program :
Research staff exchange Program di Perguruan Tinggi QS Top 100

Indikator Kinerja Kegiatan :